This blog is everybody that loves healthy food

10 Tips untuk Wanita Hamil Saat Diabetes

10 Tips untuk Wanita Hamil Saat Diabetes

Bagi banyak wanita, kehadiran buah hati merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Namun, tentu ada kecemasan tersendiri untuk wanita yang hamil saat diabetes. Bagaimana tidak, tanpa kehamilan saja, penderita diabetes perlu memberi perhatian ekstra pada kesehatannya, khususnya kadar gula darah.

Karena itu, di kesempatan kali ini, MGanik ingin membantu Anda yang sedang hamil saat diabetes untuk tetap menjaga kesehatan Anda selama masa kehamilan Anda. Mari simak ulasan berikut.

Menjaga Keseimbangan Gula Darah adalah Kunci

Jika Anda hamil saat diabetes, maka kunci utama dalam menjaga kesehatan Anda dan buah hati Anda adalah menjaga keseimbangan gula darah secara teratur.

Kontrol gula darah ini perlu dilakukan secara konsisten untuk peluang kelahiran bayi yang sehat. Tak hanya itu, menjaga keseimbangan gula darah selama kehamilan juga dapat mencegah komplikasi akibat diabetes.

10 Tips Menjaga Keseimbangan Gula Darah untuk Ibu Hamil

Sebelum Memulai Program Hamil, Berkonsultasilah dengan Dokter

Jika Anda baru memutuskan untuk menjalani program hamil, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program terkait gaya hidup atau perawatan medis tertentu terkait penyakit diabetes Anda yang harus didapatkan selama masa kehamilan.

Dengan berkonsultasi, Anda bisa mendapatkan saran medis yang tepat, seperti gambaran efek diabetes pada kehamilan Anda, cara menjaga gula darah saat kehamilan yang sesuai dengan reaksi tubuh Anda, penggantian obat, dan lain-lain.

Segera Berkonsultasi dengan Dokter jika Kehamilan Anda Tidak Direncanakan

Jika kehamilan Anda tidak direncanakan dan Anda baru mengetahuinya setelah beberapa waktu, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Berkonsultasilah dengan Dokter Spesialis yang Relevan dan Berpengalaman

Apabila memungkinkan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis, mulai dari dokter kandungan, dan dokter spesialis gizi. Akan lebih bagus lagi jika Anda bisa berkonsultasi dengan seorang dokter yang pernah menangani ibu yang hamil dengan diabetes.

Dengan begini Anda bisa mengantisipasi masalah kesehatan yang mungkin muncul di masa kehamilan Anda.

Periksalah Kehamilan secara Rutin

hamil saat diabetes
Sumber: Unsplash

Lakukan pemeriksaan kehamilan seperti USG dan tes darah secara rutin untuk memantau  kesehatan, pertumbuhan, serta perkembangan janin.

Periksalah Kadar Gula Darah Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kadar gula darah tubuh. Saat hamil, tubuh Anda membutuhkan banyak energi, menyebabkan tingkat gula darah bisa berubah-ubah dengan cepat.

Terapkan Pola Makan Sehat yang Kaya Asam Folat

Terapkan pola makan sehat, terutama konsumsi makanan yang membantu menyeimbangkan kadar gula. Umumnya makanan yang disarankan dokter adalah makanan yang mengandung asam folat, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, produk olahan susu (dairy product) tanpa lemak, dan ikan. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini, kadar gula ibu hamil dapat terjaga.

Makanlah Secara Teratur

Atur pola waktu makan, sebab ibu yang hamil saat diabetes memiliki risiko terkena hipoglikemia atau kadar gula darah terlalu rendah jika melewati jam makan yang biasanya.

Berolahragalah Secara Rutin 

Melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya, selama minimal lima hari dalam seminggu. Jenis olahraga yang dapat dilakukan harus dikonsultasikan terlebih dahulu, namun yang terpenting ibu hamil tetap menjaga keaktifan tubuhnya agar kondisi tubuhnya tetap fit.

Konsumsi obat atau insulin sesuai anjuran dokter

Fakta penyakit diabetes
Sumber: Unsplash

Selama masa kehamilan, mungkin kadar obat atau insulin yang Anda perlu konsumsi berubah dosisnya. Atau mungkin harus disesuaikan lagi. Pastikanlah hal ini dengan dokter Anda, sehingga Anda bisa mengonsumsi obat atau insulin dalam dosis yang tepat selama kehamilan Anda.

Sediakan Sumber Gula Darurat

Selama kehamilan, tingkat gula dalam darah bisa berubah dalam waktu yang cepat. Karena itu, ada baiknya untuk menyediakan sumber gula yang dapat dikonsumsi dengan cepat, seperti permen, untuk mengantisipasi turunnya gula darah yang terlalu cepat.

Itulah 10 tips menjaga kadar gula darah untuk ibu yang hamil saat diabetes. Ibu yang hamil saat diabetes memang perlu memperhatikan kesehatannya dengan lebih ekstra, namun semua pengorbanan akan terasa sepadan saat buah hati lahir dengan sehat. Selamat mencoba!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *