This blog is everybody that loves healthy food

5 Makanan Tinggi Gula yang Perlu Dihindari

5 Makanan Tinggi Gula yang Perlu Dihindari

Salah satu cara untuk mengontrol kadar gula dalam darah adalah dengan mengatur banyaknya dan jenis makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Apakah Anda sudah mengetahui berbagai makanan tinggi gula yang harus dihindari?

Penyebab Naiknya Kadar Gula Darah

Kenaikan kadar gula dalam darah dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya akibat ketidakmampuan hormon insulin dalam menguraikan gula darah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurunnya kinerja hormon insulin dalam menyeimbangkan kadar gula dalam darah, membuat para penderita diabetes harus mengendalikannya sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghindari makanan tinggi gula.

Makanan Tinggi Gula Pemicu Diabetes

Beberapa makanan ini mengandung kadar gula tinggi sehingga sangat tidak disarankan bagi penderita diabetes. Anda dapat mengganti daftar makanan di bawah ini dengan alternatif lain yang lebih rendah gula.

1. Biji-bijian Putih (White Grains)

Makanan yang berasal dari biji-bijian putih seperti nasi putih, tepung terigu, roti, dan pasta merupakan sumber karbohidrat olahan. Pada pemrosesannya banyak sekali serat yang seharusnya bermanfaat bagi tubuh dihilangkan.

Hal ini menyebabkan makanan akan lebih cepat dicerna serta membuat tubuh lebih cepat merasa lapar. Keinginan untuk terus makan tentu tidak baik dalam usaha pengontrolan kadar gula dalam darah.

2. Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Fast Food adalah salahs atu makanan tinggi gula
Eat This Not That

Kebanyakan makanan cepat saji bukanlah makanan yang baik dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalori dan lemak di dalamnya dapat memicu berbagai gangguan dalam tubuh jika dimakan secara berlebihan.

Faktanya, makanan cepat saji juga mengandung karbohidrat olahan yang mana kadar gulanya sangat tinggi dan tidak baik bagi penderita diabetes. Sebelum menikmatinya, Anda perlu memperhatikan ulang berapa banyak kalori dan gula yang terkandung di dalamnya.

3. Buah-buahan Kering (Dry Fruit)

Pada umumnya buah-buahan memang baik bagi kesehatan karena kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis buah-buahan memiliki kandungan gula yang tinggi.

Terlebih jika buah-buahan tersebut telah mengalami pengolahan seperti dikeringkan atau diolah menjadi jus. Kadar gula dalam buah olahan dapat meningkat dua kali lebih tinggi dari yang seharusnya.

Disarankan bagi Anda penderita diabetes yang tetap ingin mengonsumsi buah, usahakan mengonsumsinya dalam keadaan alami atau belum diproses. Perhatikan pula kandungan gula dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

4. Sayuran Bertepung (Starchy Vegetables)

Jenis sayuran bertepung atau yang mengandung karbohidrat tinggi dapat kita temukan di kentang, jagung, ubi, dan kacang polong. Sayuran ini masih bisa dikonsumsi dengan jumlah yang tepat dan dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama.

Sehingga saat mengonsumsi sayuran ini Anda tidak perlu lagi menambahkan nasi atau roti, melainkan cukup jenis makanan yang rendah gula lainnya seperti protein tanpa lemak.

5. Daging Merah dan Daging Olahan

Daging merah merupakan makanan tinggi gula
Inc Magazine

Menurut penelitian daging merah dan daging olahan terbukti banyak mengandung lemak jenuh. Zat ini tentu tidak baik bagi tubuh karena selain dapat meningkatkan kolesterol, lemak jenuh juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sebagai sumber protein, Anda bisa memilih daging yang tidak mengandung lemak atau makanan berprotein lain selain daging seperti putih telur dan ikan laut.

Anda wajib menghindari daftar makanan tinggi gula diatas untuk mengontrol kadar gula dalam darah tidak mengalami kenaikan. Pola makan yang baik ditentukan dari porsi dan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

Solusi Hindari Gula Darah Tinggi

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba mGanik produk minuman multigrain yang mengandung sejuta manfaat. Selain dapat membantu Anda dalam menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah, mGanik juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Masih banyak manfaat lain yang bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi mGanik. Jadi tunggu apalagi? Hidup lebih sehat bebas diabetes bersama mGanik!

Baca Juga

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *