This blog is everybody that loves healthy food

9 Ciri-ciri Diabetes yang Sering Dialami

9 Ciri-ciri Diabetes yang Sering Dialami

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat menimbulkan respon tubuh yang beragam. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari meningkatnya produksi gula darah berlebih, sistem kerja hormon terganggu sehingga tidak dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah bahkan dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Secara umum kondisi ini dikenal sebagai penyakit diabetes.

Mengapa diabetes berbahaya?

Penyakit ini melibatkan kandungan yang ada di dalam darah. Darah merupakan salah satu komponen krusial yang berada hampir di seluruh tubuh manusia. Jika terdapat sesuatu yang tidak wajar di dalamnya, maka hal tersebut dapat mempengaruhi seluruh sistem kerja tubuh.

Kandungan gula darah yang tinggi dapat membahayakan organ-organ vital seperti jantung, ginjal dan hati. Meningkatnya kandungan gula dalam darah juga dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuh seperti, sistem peredaran darah, sistem saraf, dan sistem metabolisme.

Namun jangan khawatir, Anda dapat mengenali ciri-ciri yang mengindikasi bahwa seseorang mengidap diabetes. Ciri-ciri tersebut dapat dijadikan sebagai peringatan untuk lebih waspada dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat sehingga tidak menyebabkan gangguan yang lebih buruk.

Ciri-ciri diabetes yang tidak boleh diabaikan

Sering buang air kecil

Umumnya orang dewasa melakukan buang air kecil sebanyak 6-7 kali sehari. Intensitas buang air kecil juga dipengaruhi oleh banyaknya air yang dikonsumsi. Semakin banyak air yang dikonsumsi maka akan lebih sering buang air kecil. Namun jika Anda mengonsumsi air dalam jumlah normal atau bahkan lebih sedikit dan intensitas buang air kecil lebih sering dari yang seharusnya, maka hal tersebut perlu diwaspadai.

Merasa haus

Selalu merasa haus bisa menjadi ciri-ciri diabetes
Medical News Today

Berdasarkan U.S. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, cairan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya sekitar 3,7 liter bagi pria dan 2,7 liter bagi wanita. Jika jumlah kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi namun tetap selalu merasa haus, bisa jadi kondisi ini termasuk dalam ciri-ciri diabetes.

Merasa sangat lapar

Kondisi terus merasa lapar bahkan setelah makan dapat menjadi salah satu ciri-ciri diabetes. Salah satu faktor penyebab diabetes adalah penguraian gula dalam darah untuk menjadi energi terhambat. Kekurangan energi dapat menyebabkan Anda selalu merasa lapar.

Kehilangan berat badan

Meski nafsu makan meningkat, hal ini tidak disertai dengan penambahan berat badan. Kurangnya energi mengakibatkan tubuh harus menguraikan lemak dan otot sebagai penggantinya sehingga Anda akan kehilangan berat badan.

Selalu merasa lelah

Kelelahan juga menjadi salah satu akibat dari kekurangan energi. Ketidakmampuan insulin untuk mengurai gula dalam darah mengakibatkan energi yang seharusnya dibutuhkan tubuh berkurang.

Penglihatan kabur

Pandangan kabur bisa menjadi ciri-ciri diabetes
Healthline

Naiknya kadar gula dalam darah untuk waktu tertentu dapat mengakibatkan cairan yang ada dalam tubuh berpindah ke lensa mata. Tekanan cairan pada lensa mata mengakibatkan pembengkakan dan membuat mata kesulitan menentukan fokusnya.

Penyembuhan luka lambat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kadar gula darah berlebih dapat menghambat sistem peredaran darah. Ketika terjadi luka, maka darah tidak dapat menghantarkan nutrisi yang diperlukan untuk penyembuhan secara cepat.

Kaki kesemutan atau mati rasa

Terganggunya sistem saraf mengakibatkan hampir 70% pasien diabetes mengalami kesemutan atau mati rasa dibagian tangan atau kakinya. Kondisi ini terjadi pada pasien yang sudah cukup lama mengidap diabetes.

Infeksi jamur

Jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol dan meningkat secara drastis, hal ini dapat memperbesar risiko bertumbuhnya jamur terutama di area vagina. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh saat menghadapi kadar gula darah yang berlebih.

Cara mengatasi ciri-ciri diabetes

Orang lanjut usia perlu sadar ciri-ciri diabetes
European Commision

Meski diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun tidak mustahil untuk mengendalikan dan menghindari berbagai pemicunya.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap mempertahankan kadar gula dalam darah pada kondisi normal adalah dengan berolahraga, memperhatikan pola makan, dan secara rutin melakukan pemeriksaan kadar gula dalam darah.

Jangan lupa untuk selalu menambah wawasan dan berbagi ilmu mengenai diabetes bersama para pejuang lainnya. Beragam artikel yang membahas tentang diabetes dengan berbagai macam tips dapat Anda temukan di sini.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *