This blog is everybody that loves healthy food

Aerobik Untuk Diabetes, Ternyata Jadi Olahraga Paling Cocok

Aerobik Untuk Diabetes, Ternyata Jadi Olahraga Paling Cocok

Apakah Anda pernah mencoba untuk melakukan kegiatan olahraga? Iya, kegiatan olahraga yang tidak berat, namun cukup untuk mengontrol Kesehatan Anda. Dewasa ini banyak dokter merekomendasikan untuk melakukan senam aerobik lho. Senam Aerobik untuk diabetes merupakan aktifitas fisik yang mudah dilakukan dengan biaya yang cukup terjangkau. 

Senam Aerobik merupakan serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang juga dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kontinuitas dan durasi tertentu. Senam Aerobik untuk diabetes juga menghabiskan waktu yang sedikit. Efektif bukan? Terlebih untuk Anda yang sulit mencari waktu kosong untuk berolahraga. 

Lalu apakah olahraga aerobik ini sangat ideal bagi mereka yang menderita penyakit diabetes? Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. 

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah dan tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa senam aerobik memiliki peran penting dalam mengendalikan kadar gula dalam darah, dimana saat melakukan senam terjadi peningkatan pemakaian glukosa oleh otot sehingga dapat menyebabkan penurunan glukosa darah.

 Jadi, berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa senam aerobik ini sangat ideal atau cocok untuk penderita diabetes lho!

Disamping itu, ada banyak manfaatnya, diantaranya:

  1. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru dan pembuluh darah 
  2. Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang. 
  3. Meningkatkan Kelenturan (fleksibilitas) pada tubuh. 
  4. Mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit. 
  5. Meningkatkan sistem hormonal

Apakah Anda ingin tahu gerakan senam aerobik untuk penderita diabetes?

Gerakan senam aerobik untuk diabetes bisa dibilang hampir  mirip dengan senam biasa, tetapi gerakannya berfokus pada otot-otot besar. Gerakan senam ini juga dilakukan dengan berirama dan berkesinambungan dalam waktu yang lama.

Senam diabetes dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Sebelum senam aerobik untuk diabetes, jangan lupa pemanasan ya!

Senam diabetes diawali dengan berdiri di tempat, mengangkat kedua tangan ke atas selurus bahu, lalu kedua tangan bertautan. Lakukan bergantian dengan posisi kedua tangan di depan tubuh.

Ini dia nih gerakan inti dari aerobik untuk diabetes

Gerakan inti dilakukan dengan posisi badan berdiri tegak, kaki kanan maju selangkah kedepan, dan kaki kiri tetap di tempat. Sementara itu, posisi tangan kanan diangkat ke kanan tubuh selurus bahu, sedangkan tangan kiri ditekuk hingga telapak tangan mendekati dada. Lakukan secara bergantian.

Setelah merasa cukup, yuk lakukan pendinginan!

Setelah selesai melakukan senam diabetes, Anda disarankan melakukan pendinginan terlebih dahulu. Caranya, kaki kanan agak menekuk dan kaki kiri lurus, sedangkan tangan kiri lurus ke depan sejajar bahu, tangan kanan ditekuk ke dalam. Lakukanlah secara bergantian.

Selain melakukan gerakan senam diabetes di atas, Anda juga dapat melakukan gerakan lain, apalagi senam diabetes Indonesia sendiri sudah ada dalam berbagai seri. Pada intinya, gerakan senam ini biasanya menekankan pada gerakan ritmik otot, sendi, vaskuler, dan saraf dalam bentuk peregangan dan relaksasi.

Anda juga dapat melakukan latihan kaki atau disebut juga dengan senam kaki diabetes. Gerakan ini bertujuan memperbaiki sirkulasi darah tungkai bawah pergelangan kaki, telapak kaki dan jari-jari.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui pentingnya senam aerobik bukan? Yuk, kita praktekkan bersama! Kita mulai rutinitas baik ini ya. Ingat agar tetap melakukan pengawasan kepada dokter, dan cek berkala kadar gula darah Anda ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *