This blog is everybody that loves healthy food

5 Cara Hitung Karbohidrat pada Pola Makan Penderita Diabetes

5 Cara Hitung Karbohidrat pada Pola Makan Penderita Diabetes

Salah satu upaya yang dilakukan para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya adalah dengan mengatur pola makan. Jika Anda juga sedang menjaga pola makan, maka Anda wajib mengetahui cara hitung karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi.

Manfaat Mengontrol Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh Anda. Ia akan menghasilkan senyawa gula saat diproses di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan penderita diabetes khawatir dan memilih untuk tidak mengonsumsinya.

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan Anda lemas dan mudah merasa lelah. Anda tetap dapat mengonsumsi karbohidrat dengan takaran yang tepat.

Artikel cara menghitung karbohidrat ini akan membantu Anda untuk dapat menjaga kadar gula dalam darah dan menghindari berbagai resiko komplikasi dengan tetap mengonsumsi karbohidrat.

Pentingnya Cara Hitung Karbohidrat Berdasarkan Tipe Diabetes

  • Diabetes Tipe 1

Jika Anda menderita diabetes tipe 1 maka kondisi pankreas Anda sudah tidak dapat memproduksi insulin secara normal. Sehingga Anda perlu menghitung kadar karbohidrat yang Anda konsumsi untuk menentukan insulin yang Anda perlukan.

  • Diabetes Tipe 2

Pada diabetes tipe 2 kinerja insulin sudah tidak optimal sehingga menghitung kadar karbohidrat pada makanan yang Anda konsumsi menjadi penting agar tidak ada lonjakan gula darah secara mendadak.

Anda disarankan untuk mengonsumsi kadar karbohidrat dalam porsi dan waktu yang konsisten agar tubuh dapat menyesuaikan dalam memprosesnya.

Bagaimana Cara Hitung Karbohidrat?

Terdapat 5 cara hitung karbohidrat yang dapat Anda terapkan dalam mengatur pola makan.

1. Ketahui Tipe Karbohidrat yang Anda Konsumsi

Terdapat tiga tipe karbohidrat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Gula, seperti yang alami berada di buah-buahan atau susu
  • Tepung, yang berada pada bahan makanan seperti jagung, ubi, kentang, roti, dan oats
  • Serat, merupakan bagian dari makanan nabati yang tidak diserap oleh tubuh namun sangat bermanfaat bagi kesehatan

2. Lihatlah Kandungan Karbohidrat pada Label

Untuk makanan kemasan Anda dapat melihat kadar karbohidrat yang terkandung dalam tabel nutrisi, biasanya berada di belakang kemasan. Namun untuk bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan, Anda dapat mencarinya di internet.

3. Susunlah berdasarkan rencana makanan

Jumlahkan semua kadar karbohidrat dari makanan yang akan Anda makan. Pastikan totalnya tidak lebih dari kadar karbohidrat yang seharusnya Anda konsumsi. Hal ini dapat membantu Anda dalam merencanakan menu sehat sehari-hari.

4. Perhatikan Porsi Karbohidrat

Umumnya orang dewasa penderita diabetes membutuhkan 45-60 gram karbohidrat dalam sekali makan dan 15-20 gram untuk camilan. Namun angka ini tidak dapat dijadikan patokan bagi setiap orang karena kondisi tubuh masing-masing penderita berbeda.

5. Atur Kadar Insulin

Bagi Anda penderita diabetes yang membutuhkan insulin dari luar, Anda dapat mengetahui jumlah insulin yang Anda butuhkan dengan mengetahui kadar karbohidrat yang Anda konsumsi. Pastikan Anda telah mengonsultasikannya dengan tenaga medis.

Sumber Karbohidrat Aman bagi Penderita Diabetes

Ada satu cara lagi yang lebih mudah daripada kelima cara diatas yaitu dengan memilih suplemen makanan sumber karbohidrat yang lengkap. Anda tidak perlu kerepotan lagi karena mGanik telah diracik khusus sesuai dengan kebutuhan karbohidrat harian Anda.

mGanik dapat membantu Anda menstabilkan kadar gula dalam darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Berbagai kandungan bahan alaminya membuat mGanik aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Ayo hidup sehat sekarang bersama mGanik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *