This blog is everybody that loves healthy food

3 Cara Mengobati Diabetes, Anda Harus Tahu

3 Cara Mengobati Diabetes, Anda Harus Tahu

Banyak yang mengatakan bahwa diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Memang benar adanya penyakit ini belum bisa disembuhkan, namun Anda dapat menemukan cara mengobati diabetes dengan mengelola penyakit ini.

Cara mengobati diabetes berarti membuat kadar gula darah menjadi stabil atau terkontrol, karena penyakit ini timbul karena jumlah gula darah melebihi batas normal dalam tubuh. 

Untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil, Anda wajib mencoba 3 cara mengobati diabetes dari MGanik ini!

Cara mengobati diabetes yang pertama adalah melakukan pemeriksaan kesehatan

Kontrol rutin wajib sbagai cara mengobati diabetes
Klikdokter

Melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu cara yang paling penting untuk mengetahui keadaan tubuh Anda, karena jika tidak melakukan pengecekan secara berkala,maka diabetes akan menyebar ke organ lainnya. Tak jarang hal seperti ini memunculkan penyakit komplikasi.

Melakukan pengecekan gula darah juga penting untuk dilaksanakan, baik secara mandiri maupun melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat.

Anda juga dapat pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi kesehatan Anda serta memperoleh berbagai rekomendasi penanganan dalam rangka mengurangi risiko penyakit diabetes. 

Cara mengobati diabetes kedua adalah mengatur pola makan

Menu makanan yang dikonsumsi oleh seseorang sangatlah menjadi penentu untuk kesehatan seseorang. Sama halnya dengan penderita diabetes yang harus menjaga pola makan dan mengurangi makanan manis, minyak, lemak dan karbohidrat.

Anda dapat mengganti makanan atau camilan Anda dari menu yang tidak sehat menjadi  menu yang sehat, misalnya jika Anda seorang penderita diabetes dan sangat gemar mengkonsumsi makanan karbohidrat, maka Anda dapat mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti dengan karbohidrat kompleks yaitu gandum, sayur dan beras merah.

Temukan alternatif makanan sehat kesukaan Anda, konsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak, serta mulailah mencari menu sehat yang harus dikonsumsi untuk para penderita diabetes agar gula darah Anda tetap terkontrol.

Cara mengobati diabetes ketiga adalah rutin berolahraga

Yoga bisa menjadi cara mengobati diabetes
Halodoc

Tetap rutin berolahraga merupakan salah satu cara mengobati diabetes untuk menjaga gula darah Anda tetap terkontrol. Pasalnya, ketika berolahraga gula darah dapat keluar melalui keringat dan tubuh dapat memproduksi insulin

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih kecil terkena diabetes yaitu sebanyak 30-50% lho! Rutin berolahraga juga dapat membantu Anda menjaga berat badan, hal ini sangat penting karena kegemukan akan meningkatkan risiko komplikasi penyakit.

Anda dapat mencoba beberapa rekomendasi olahraga untuk penderita diabetes seperti hiking, berenang dan yoga. Olahraga hiking merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Pada olahraga ini, dengan jarak 3 km/jam Anda dapat membakar 240 kalori/jam. Menarik bukan?

Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan sebagai cara mengobati diabetes tipe 1 dan 2. Pasalnya ketika berenang, Anda dapat membakar 350-420 kalori setiap jamnya. Tidak hanya itu, berenang juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol yang ada di tubuh Anda lho! Bagaimana? Masih malas untuk berenang?

Jika Anda bukan seseorang yang suka berolahraga di luar rumah, maka olahraga yoga adalah jenis olahraga yang tepat untuk Anda. Yoga yang dikenal sebagai olahraga untuk menghilangkan stres, menjaga sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi organ. 

Ini sangat cocok untuk Anda yang menderita diabetes tipe 1 dan 2 yang terjadi karena pankreas tidak dapat menghasilkan insulin secara maksimal. Dengan melakukan yoga, tubuh Anda akan menjadi lebih berenergi, bugar sehingga organ bekerja lebih maksimal.

Bagaimana? Ternyata mengontrol diabetes cukup sederhana bukan? Yuk cegah risiko penyakit diabetes dari sekarang dengan menjaga kesehatan Anda dan mengontrol gula darah!

Baca juga:

https://blog.mganik.com/kontrol-kesehatan/cara-cek-gula-darah/
https://blog.mganik.com/featured/mengenal-diabetes-tipe-2-penyebab-gejala-pengobatan/
https://blog.mganik.com/seputar-diabetes/gula-basah-dan-gula-kering/

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *