This blog is everybody that loves healthy food

4 Cara Menjaga Makanan Diabetes Dijamin Mudah

4 Cara Menjaga Makanan Diabetes Dijamin Mudah

Menjaga makanan diabetes ternyata bukanlah sesuatu hal yang sulit lho. Pasalnya banyak orang yang berpikir bahwa cara menjaga makanan diabetes cenderung sulit karena banyak aturan untuk rendah gula, karbohidrat dan lain-lain. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa cara menjaga makanan diabetes memang mau tidak mau harus mengurangi gula, karbohidrat dan lain sebagainya.

Namun bagi Anda penggemar makanan tentu ini merupakan hal sulit bukan? Apalagi Anda seorang penggemar makanan manis? Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, kali ini, artikel Mganik akan memberikan tips atau cara menjaga makanan diabetes yang mudah!

Cara menjaga makanan diabetes pertama adalah memperbanyak konsumsi buah

Meskipun penderita diabetes harus mengurangi konsumsi makanan yang manis karena mengandung gula, namun tenang saja, Anda masih dapat memakan makanan manis namun dari makan yang lain seperti buah. 

Meskipun manis, penderita diabetes harus mengkonsumsi buah lho karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, Anda juga harus memperhatikan setiap buah yang Anda makan ya. 

Lalu apa saja buah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes? Anda dapat mengkonsumsi anggur yang dikenal sangat bagus untuk menurunkan gula darah lho. Anda juga dapat mengkonsumsi buah apel karena apel dikenal sebagai buah dengan indeks glikemik yang rendah.

Sebagai pecinta makanan manis, Anda dapat memilih buah pir sebagai alternatif camilan Anda. bukan hanya rasanya yang renyah dan manis, buah pir juga dikenal dapat menyehatkan pencernaan Anda.

Itulah sederet buah-buahan yang dapat menjadi alternatif camilan bagi Anda tentunya sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cara menjaga makanan diabetes kedua adalah mengganti nasi dengan karbohidrat kompleks

Mengurangi karbohidrat bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Cara menjaga makanan diabetes dapat dilakukan dengan memilih karbohidrat yang kompleks untuk dikonsumsi, seperti roti gandum, beras merah, oatmeal atau ubi panggang.

Anda juga dapat mengolah makanan tersebut untuk berbagai macam menu dengan syarat tidak menambah gula ya.

Cara berikutnya adalah konsumsi kacang-kacangan sebagai camilan

Tidak hanya mengkonsumsi buah, pasalnya penderita diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, karena protein tidak dapat meningkatkan gula darah. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond dan memilih sumber protein yang baik seperti telur rebus dan dada ayam namun tidak digoreng ya.

Cara terakhir yang tak kalah penting adalah mengonsumsi ikan ini

Jika penderita diabetes menyukai daging, maka tidak perlu cemas. Anda dapat memilih ikan sebagai alternatif daging yang baik untuk dikonsumsi. 

Ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat langsung mempengaruhi kadar gula darah sera merangsang regenerasi sel yang rusak.

Lalu apa saja jenis ikan yang tinggi omega-3? Anda dapat mengkonsumsi ikan salmon, tuna, mackerel, sarden dan teri. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu cara memasak ikan. 

Cara yang salah dalam menyajikan ikan ini tentu akan berdampak buruk bagi penderita diabetes. Anda tidak boleh menggoreng jenis ikan tersebut karena membuat lemak jahat akan menempel pada ikan. Menyajikan dengan cara dibakar juga bukan ide yang bagus karena dapat mengandung zat karsinogenik yang memunculkan sel kanker.

Jadi pastikan mengkonsumsi ikan dengan cara dikukus atau rebus ya.

Bagaimana? Ternyata cara menjaga makanan diabetes relatif mudah ya. Jangan lupa untuk mengkonsumsi minuman multigrain Mganik untuk menurunkan kadar gula darah Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *