This blog is everybody that loves healthy food

Ternyata Diabetes Dapat Menular, Bagaimana Caranya?

Ternyata Diabetes Dapat Menular, Bagaimana Caranya?

Kebanyakan orang mengetahui bahwa penyakit diabetes adalah penyakit bawaan yang diperoleh karena faktor keturunan. Anggapan seperti inilah yang umumnya tertanam di benak masyarakat kita. Namun, tahukah Anda menurut penelitian terbaru, ternyata diabetes menular lho!

Dalam penelitian yang dilakukan University Health Center, Kanada, disebutkan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pasangan dengan diabetes, pasangan penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Hal ini dapat terjadi karena tanpa disadari, mereka yang memiliki pasangan dengan diabetes cenderung ikut-ikutan menjalani gaya hidup tidak sehat. Sehingga gaya hidup ini yang membawa mereka ikut terkena diabetes. 

Berdasarkan penelitian diatas, diabetes tipe 2 merupakan diabetes menular. Seperti yang kita ketahui bersama diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat berfungsi dengan baik atau menyebabkan resistensi sel tubuh terhadap insulin. 

Insulin sendiri memiliki fungsi untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke seluruh tubuh agar digunakan sebagai energi. Ketika kita mengalami resistensi insulin, maka sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dengan baik sehingga sel darah akan mengalami penumpukan. 

Terdapat relasi yang sangat jelas, ketika gaya hidup yang cenderung mengkonsumsi junk food, cokelat, dan lainnya akan membuat tubuh terus memberikan asupan yang banyak mengandung gula, akan membuat kadar gula semakin menumpuk di peredaran darah. Pola makan seperti inilah yang dapat memperburuk sistem kerja tubuh.

Lalu bagaimanakah cara kita mencegah penularan diabetes ini?

Mulai sekarang jagalah konsumsi makanan manis yang berlebihan

Biskuit dan donat memang enak sih, apalagi jika dikonsumsi saat menonton siaran favorit. Tapi ingat, sebaiknya jangan terlalu banyak menyenangkan diri sendiri ya. Anda harus membiasakan untuk menyeimbangkan asupan gula dalam tubuh. dengan kata lain, variasikan camilan Anda dengan camilan sehat ya!

Diabetes menular dapat dicegah dengan olahraga 

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang didasari dengan berolahraga rutin setiap hari. Sempatkan berolahraga dan perlu diingat organ tubuh Anda juga perlu dirawat!   

Anda tidak suka makan buah dan sayur? Sebaiknya Anda biasakan dari sekarang untuk cegah diabetes menular

Buah-buahan dan sayur sangatlah penting untuk asupan tubuh. Kehadirannya dapat melancarkan sistem pencernaan di tubuh. Kandungan zat-zat dan mineral alami dari buah berfungsi untuk menyegarkan organ tubuh.

Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari

Diabetes dapat menular karena adanya penumpukan gula. Mengkonsumsi air putih secara tepat dan rutin menyebabkan aliran pencernaan di tubuh semakin baik. Oleh karena itu, jangan pernah malas ya minum air putih.  

Anda Stress? Yuk belajar mengelolanya untuk cegah diabetes menular

Stres yang berlebihan menyebabkan orang tidak dapat lagi berfikir jernih. Jangankan berpikir, Stres yang berkepanjangan dapat memicu Anda terkena penyakit diabetes. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tapi juga kesehatan secara umum. 

Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah.

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terkena penyakit diabetes. 

Bagaimana? Apakah Anda baru saja mengetahui jika diabetes menular? yuk cegah diabetes dengan terapkan pola hidup sehat seperti diatas dan jangan lupa untuk simak informasi diabetes lainnya di Mganik

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *