This blog is everybody that loves healthy food

Fakta Penyakit Diabetes yang Harus Anda Ketahui

Fakta Penyakit Diabetes yang Harus Anda Ketahui

Salah satu penyakit kronis yang umum di kalangan masyarakat Indonesia adalah diabetes atau yang lebih dikenal di kalangan awam sebagai penyakit kencing manis. Meski demikian, masih banyak orang yang belum memahami betul tentang penyakit ini. Banyak mitos yang beredar di masyarakat terkait penyakit diabetes yang membingungkan. 

Karena itu, Mganik di sini akan membantu Anda untuk memahami penyakit ini secara medis. Bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang fakta penyakit diabetes, simaklah ulasan ini.

Apa itu penyakit diabetes?

Sebelum memahami fakta penyakit diabetes lebih jauh, Anda perlu memahami apa itu penyakit diabetes. Apa saja faktanya?

  1. Penyakit diabetes melitus disebabkan oleh tingginya kadar gula, atau glukosa, di dalam darah.
  2. Tingginya kadar glukosa yang melebihi batas normal ini dipengaruhi oleh kurangnya jumlah hormon insulin dalam tubuh, yang berperan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Akibatnya, glukosa menetap dalam darah. 
  3. Selain kurangnya hormon insulin, diabetes melitus juga disebabkan kekebalan sel tubuh terhadap insulin.

Ternyata, diabetes memiliki sejarah yang panjang

Untuk memahami penyakit diabetes dengan lebih baik, ada baiknya untuk melihat kilas balik perkembangan penyakit diabetes di umat manusia. Beginilah sejarah singkat penyakit diabetes dan perkembangannya di dunia medis:

Fakta penyakit diabetes pertama, pernah dikira disebabkan ular

Fakta penyakit diabetes
Sumber: Unsplash

Istilah diabetes diidentifikasi pertama kali oleh Aretaeus, seorang dokter Yunani, yang berasal dari Cappadocia, di abad ke-1 SM. Kata ini digunakan Aretaeus untuk menggambarkan sebuah penyakit dengan gejala berikut: sering haus, sering buang air kecil, dan penurunan berat badan.

Sayangnya di masa itu, Aretaeus masih salah menduga penyebab penyakit diabetes. Ia mengira penyakit ini disebabkan oleh gigitan ular.

Fakta penyakit diabetes selanjutnya, kencingnya manis

Ini bukan hanya istilah saja, ya. Tetapi faktanya, kencing penderita diabetes memang memiliki rasa manis.

Sekitar tahun 1600, penyakit ini diidentifikasikan sebagai penyakit kencing manis oleh Dokter Thomas Wilis. Melalui penelitiannya, Wilis menemukan bahwa air seni penderita penyakit ini memiliki rasa manis, seakan ditambahkan madu atau gula.

Diet diabetes di masa lalu menyebabkan penderita kelaparan

Sayangnya, sebelum insulin ditemukan pada tahun 1921, diet dari para dokter membuat pasien diabetes kelaparan, karena pada masa itu dokter hanya memperbolehkan pasien untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal.

Ada 2 jenis diabetes

Perkembangan signifikan selanjutnya pada penyakit diabetes adalah identifikasi tipe 1 dan 2 pada penyakit diabetes pada tahun 1936.

Akhirnya insulin ditemukan

Sumber: Unsplash

Pada tahun 1942, obat diabetes tipe 2 ditemukan. Obat ini dibuat dari golongan sulfonilurea, yang mampu memicu pankreas untuk memproduksi insulin.

Perkembangan ini menjadi landasan dalam dunia medis dalam penemuan obat antidiabetes, dan sampai hari ini sudah terdapat lebih dari 7 jenis golongan obat untuk penyakit diabetes.

Jenis dan penyebab penyakit diabetes

Fakta penyakit diabetes yang paling penting bagi masyarakat adalah penyebab penyakit ini. Sejauh ini, secara umum, seseorang menderita ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit diabetes, yaitu:

  1. Faktor keturunan
  2. Gaya hidup tidak sehat, seperti kurang bergerak, terlalu banyak makan makanan manis, dan tidak cukup minum air

Karenanya, para ahli sangat menyarankan untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan aktif bergerak, serta memantau konsumsi makanan dan minuman sehari-hari sebagai langkah preventif penyakit diabetes.

Namun ada juga faktor-faktor lain seperti ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin, penyakit-penyakit tertentu seperti radang pankreas, yang bisa memicu penyakit diabetes. Karena penyebabnya yang bermacam-macam, sangat penting bagi para penderita diabetes untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memahami penyebab penyakit ini, agar pengobatan yang dilakukan menjadi tepat guna.

Itulah beberapa fakta penyakit diabetes yang perlu Anda ketahui. Menghadapi penyakit diabetes memang tidak mudah, namun dengan pengetahuan yang berbasis fakta serta pertolongan medis yang tepat, menjalani hidup dengan penyakit ini tidaklah mustahil. Untuk memperkaya pengetahuan Anda terkait penyakit diabetes, Mganik hadir dengan artikel-artikel informatif lainnya yang bisa diakses di sini.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *