This blog is everybody that loves healthy food

7 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan, Waspadai Sebelum Terlambat

7 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan, Waspadai Sebelum Terlambat

Banyak orang tidak menyadari berbagai gejala diabetes yang dirasakan dan mengabaikannya begitu saja. Padahal resikonya akan sangat berbahaya jika Anda terlambat mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak hanya pada orang dewasa, diabetes dapat menyerang berbagai usai sejak anak-anak hingga lansia. Untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat Anda perlu mengenali berbagai gejala diabetes yang umum terjadi.

Jangan Sepelekan Gejala Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula dalam darah. Saat tubuh tidak dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah secara alami maka terdapat sistem yang terganggu dalam tubuh Anda.

Diabetes dapat disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin maupun karena insulin yang tidak mampu bekerja secara maksimal. Fungsi utama insulin sebagai pengurai gula darah menjadi energi pun tidak dapat terpenuhi.

Saat penyakit ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat, maka gula darah akan semakin naik dan tidak terkontrol. Hal ini tentu dapat memengaruhi berbagai sistem yang ada di dalam tubuh.

Gejala Diabetes yang Wajib Diwaspadai

1.   Sering buang air kecil

Buang air kecil merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan zat-zat sisa atau berlebih di dalam tubuh. Pada para penderita diabetes, kadar gula dalam darah yang tinggi akan mendorong tubuh untuk menyeimbangkannya.

Salah satu cara yang dilakukan tubuh saat hormon insulin sudah tidak dapat lagi bekerja adalah dengan mengeluarkan gula darah yang bercampur dengan air melalui urin. Sehingga penderita diabetes akan sering buang air kecil.

2.   Merasa sangat lapar

Saat gula darah tidak dapat diproses secara sempurna menjadi energi, maka tubuh akan merasa kekurangan energi. Hal ini mendorong timbulnya reaksi alami tubuh dengan merasa lapar secara terus-menerus meski Anda sudah makan.

3.   Selalu merasa lelah

Lelah
Fastnewsfeed

Menurunnya kinerja hormon insulin dalam proses penguraian gula darah menjadi energi membuat tubuh kita tidak mendapatkan pasokan energi yang cukup. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kelelahan yang berkelanjutan.

4.   Penyembuhan luka lambat

Saat kadar gula dalam darah meningkat maka beberapa sistem dalam tubuh akan terganggu salah satunya yaitu sistem peredaran darah. Semakin tinggi kadar gula dalam darah maka akan membuat komposisi darah semakin kental.

Saat darah dalam tubuh mengental maka proses peredaran darah akan terganggu sehingga membutuhkan waktu lebih lama mencapai sumber luka untuk mengantarkan zat-zat yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan.

5.   Kaki sering kesemutan

Selain sistem peredaran darah, saat kadar gula dalam darah meningkat sistem saraf juga akan terganggu. Kondisi ini sering ditandai dengan rasa tergelitik atau mati rasa di bagian kaki yang biasa disebut dengan kesemutan.

6.   Kehilangan berat badan tanpa sebab

Ketidakmampuan hormon insulin untuk mengurai gula darah menjadi energi mengakibatkan tubuh mencari sumber lain untuk memenuhinya. Lemak menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh.

Kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas menjadi salah satu gejala diabetes yang sering muncul karena tubuh mengambil energi yang tersimpan dalam lemak.

7.   Penglihatan tidak fokus

Meningkatnya kadar gula dalam darah mengakibatkan bercampurnya gula darah dengan dengan cairan tubuh hingga mengalir ke bagian mata. Cairan tersebut akan menekan bagian lensa dan membuat penglihatan kehilangan fokus.

Bahaya Mengabaikan Gejala Diabetes

Jika Anda mengalami beberapa dari gejala diabetes di atas sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke tenaga medis.

Berbagai gejala diabetes yang disebabkan oleh kenaikan kadar gula gula darah yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi pada sistem dan organ tubuh yang lain.

Terganggunya berbagai sistem pada tubuh seperti peredaran darah, regenerasi, saraf dan masih banyak lagi akan berujung pada kematian jika tidak segera diberikan penanganan yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu mendapatkan lebih banyak informasi terkait diabetes dalam artikel di laman ini. Anda juga dapat membagikannya kepada para pejuang diabetes lainnya. Tetap semangat dan berjuang dalam mengontrol kadar gula dalam darah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mGanik Superfood – Gejala & Ciri-ciri Angle

Apakah Anda mengalami Gejala dibawah ini?

Gejala diatas tersebut merupakan gejala umum yang dirasakan oleh penderita diabetes. Anda harus cek kadar gula darah, apakah Anda tergolong memiliki gula darah tinggi

Apakah Anda mengalami:

  1. Sudah jaga pola makan rendah gula tapi Gula Darah tetap tinggi?
  2. Sudah rutin minum berbagai produk kesehatan tapi hasilnya tidak sesuai harapan?
  3. Bingung harus bagaimana lagi agar gejala-gejala yang mengganggu keseharian bisa hilang.
  4. Bosan ketergantungan dengan obat juga khawatir terhadap dampaknya kepada ginjal?

Bacalah artikel ini sampai habis untuk membantu Anda menurunkan Gula Darah yang sudah terbukti berdasarkan Uji Klinis.

Jika Anda merasa gula darah tinggi dalam golongan pra-diabetes ataupun diabetes, juga disertai dengan ciri-ciri diabetes yang dialami oleh sebagian orang seperti:

Maka Anda perlu mengelola gula darah Anda agar bisa turun dan terjaga stabil. Jika gula darah Anda sudah dalam angka normal, biasanya gejala-gejala yang dirasakan akan perlahan hilang.

Anda bisa mengatasi gula darah tinggi dengan cara Alami tanpa harus bergantung dengan obat-obatan.

Yang Anda butuhkan adalah Mganik Multigrain.