This blog is everybody that loves healthy food

Inulin untuk Diabetes: Mengenal Apa Itu Inulin dan Manfaatnya

Inulin untuk Diabetes: Mengenal Apa Itu Inulin dan Manfaatnya

Anda pasti sudah mengetahui bahwa wajib hukumnya bagi para penderita diabetes untuk menjaga pola makan agar kadar gula darah selalu terkontrol. Namun apakah Anda tahu tentang manfaat inulin untuk diabetes?

Apa Itu Inulin?

Salah satu aspek penting dalam mengatur pola makan adalah memperhatikan kandungan dari makanan yang Anda konsumsi. Usahakan makanan tidak mengandung banyak gula, banyak lemak, dan memberikan efek kenyang yang tahan lama.

Inulin merupakan salah jenis satu serat makanan yang sangat baik bagi pencernaan terutama pada penderita diabetes. Secara alami inulin dapat ditemukan di berbagai buah dan sayuran seperti gandum, bawang, dan pisang.

Karena inulin untuk diabetes mengandung banyak manfaat, beberapa produsen makanan juga menambahkan inulin ke dalam produknya untuk meningkatkan kandungan prebiotik, memperkaya tekstur, menggantikan gula dan lemak di dalam makanan.

Manfaat Inulin untuk Diabetes

1. Menyehatkan pencernaan

Di dalam usus kita terdapat bakteri baik dan jahat. Jumlah keduanya perlu diseimbangkan agar proses pencernaan berjalan lancar. Kandungan inulin dalam makanan sangat baik dalam membantu perkembangan bakteri baik.

Selain menyehatkan pencernaan, bertambahnya jumlah bakteri baik dalam usus dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Inulin untuk diabetes dapat membawa dampak yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat.

2. Menghindari sembelit

Sembelit sering dialami oleh orang yang kurang mengonsumsi serat. Kondisi ini ditandai dengan susahnya buang air besar. Sebagai salah satu jenis serat, inulin juga berguna dalam mencegah terjadinya sembelit.

Konsumsi inulin secara rutin dengan takaran yang tepat dapat memperlancar buang air besar dan meningkatkan konsentrasi tinja. Hal ini juga memberikan dampak yang positif terutama bagi orang dewasa dan lansia yang sering mengalami sembelit.

3. Membantu penurunan berat badan

Pada orang dewasa inulin terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Serat inulin membantu memperlambat pengosongan perut sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Jenis serat ini sebenarnya tidak benar-benar dicerna dan diserap oleh tubuh. Ia mengandung 0 kalori sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan kemampuan tubuh dalam memproduksi lemak tertentu.

4. Mengontrol kadar gula darah

Inulin memiliki beberapa jenis bergantung pada performanya. Pada jenis insulin tertentu dengan performa yang maksimal dapat membantu para penderita diabetes dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Inulin membantu menurunkan kadar lemak yang diproduksi oleh hati. Hal ini mendorong hormon insulin dapat bekerja lebih baik dalam menguraikan gula darah. Dalam beberapa penelitian, inulin juga terbukti mampu menurunkan kadar gula darah ketika berpuasa.

5. Meningkatkan penyerapan mineral

Inulin untuk diabetes selain berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah, ia juga dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh. Mineral seperti kalsium dan magnesium dibutuhkan dalam pemadatan tulang.

Selain itu kalsium juga berfungsi dalam pembentukan gigi, relaksasi pembuluh darah, membantu kinerja saraf dan pergerakan otot serta mengatur keseimbangan hormon. Sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung inulin dapat memberikan banyak manfaat.

mGanik merupakan produk minuman multigrain yang kaya akan kandungan inulin. Anda dapat merasakan berbagai manfaat inulin di atas dengan mengonsumsi mGanik secara rutin. Terdiri dari berbagai bahan alami membuatnya aman dikonsumsi setiap hari.

Berbagai jenis biji dan serat diracik secara khusus untuk membantu Anda para penderita diabetes dalam menstabilkan kadar gula dalam darah, memberikan rasa kenyang lebih lama, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Segera dapatkan mGanik di distibutor terdekat di kota Anda atau langsung pesan melalui laman ini. Mari hidup sehat bersama mGanik!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *