This blog is everybody that loves healthy food

3 Cara Mudah Atur Jadwal Makan Penderita Diabetes

3 Cara Mudah Atur Jadwal Makan Penderita Diabetes

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa tidak hanya jenis makanan saja yang perlu diatur namun waktu mengonsumsinya juga perlu diperhatikan? Pelajari juga jadwal makan penderita diabetes agar kadar gula dalam darah Anda dapat terkontrol secara maksimal.

Mengapa Mengatur Jadwal Makan Penderita Diabetes Penting?

Proses pengolahan makanan dalam tubuh melibatkan hormon insulin yang berperan sebagai pengurai gula darah menjadi energi. Hormon insulin memiliki rentang waktu tertentu untuk dapat bekerja secara optimal. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut.

Membantu Pengaturan Gula Darah

Jadwal makan yang berantakan seperti rentang waktu yang terlalu lama antara waktu makan pertama dan kedua dapat memberikan dampak buruk. Meski kadar gula darah Anda menurun namun Anda akan lemas karena kekurangan energi.

Begitupun saat Anda hanya makan satu kali dalam sehari dengan porsi besar. Hal tersebut dapat memicu gula darah Anda naik secara drastis dan energi yang didapat tidak akan bertahan lama.

Kadar gula dalam darah mencapai puncaknya saat 90 menit setelah makan. Masing-masing orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk untuk kembali ke kondisi normal sesuai dengan keadaannya.

Mengatur jadwal makan akan sangat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Makan secara teratur dengan jarak waktu yang tepat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan berenergi sepanjang hari.

Mengatur Jam Proses  Alami Tubuh

Saat seseorang melakukan suatu hal rutin secara terus-menerus, maka lama-kelamaan ia akan menjadi ahli dan mengerjakannya dengan sangat baik. Begitu pula dengan tubuh dalam memproses makanan.

Saat Anda mengatur jadwal makan secara rutin maka tubuh akan terbiasa dengan jadwal tersebut dan akan memproses makanan secara optimal. Namun ketika jadwal makan Anda berubah-ubah hal tersebut akan menyulitkan tubuh untuk beradaptasi.

Cara Mengatur Jadwal Makan Penderita Diabetes

Anda tidak perlu merasa kebingungan dalam mengatur jadwal makan. Berikut kami rangkum 3 cara mudah yang dapat Anda praktikan sehari-hari.

mencegah gula darah tinggi
womanhit

Sarapan dengan Porsi Lebih Besar

Memperbanyak porsi sarapan dibandingkan dengan makan siang atau makan malam dapat membantu Anda menurunkan berat badan serta mengatur kadar gula dalam darah. Jenis makanan yang baik untuk sarapan adalah yang mengandung banyak protein, serat dan lemak.

mGanik merupakan solusi untuk Anda dalam mengatur kadar gula darah dan memenuhi nutrisi sehari-hari. Kandungan serat, protein, dan mineralnya yang tersusun atas bahan-bahan alami sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Sediakan Cemilan Sehat Setiap 4-5 jam Sekali

Jangan biarkan perut Anda kosong terlalu lama. Kebutuhan energi harus tetap terpenuhi dengan mengonsumsi kudapan sehat setidaknya 4-5 jam sekali. Hal ini demi menjaga agar gula darah tidak menurun drastis juga tidak terlalu tinggi.

Cemilan dalam jadwal makan penderita diabetes bersifat opsional karena kebutuhan energi masing-masing orang berbeda. Hindari cemilan jika Anda tidak benar-benar merasa lapar atau kadar gula darah Anda masih tinggi.

Berpuasa di Malam Hari

Cobalah untuk berpuasa 10-12 jam saat malam hari. Itu artinya Anda perlu membatasi konsumsi makanan sebelum tidur. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menentukan jam malam yang merupakan jam terakhir Anda boleh mengonsumsi makan.

Berpuasa di malam hari menjadi jadwal makan penderita diabetes yang baik karena dapat memberikan tubuh beristirahat dan tidak bekerja keras memproses makanan di malam hari. Hal ini juga dapat membuat tubuh lebih segar saat bangun.

Itulah beberapa manfaat dan cara dalam mengatur jadwal makan penderita diabetes. Anda dapat mencobanya untuk mengatur kadar gula dalam darah. Jangan lewatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar diabetes di laman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *