This blog is everybody that loves healthy food

Ketahui Jumlah Kalori Penderita Diabetes untuk Jaga Kalori Anda

Ketahui Jumlah Kalori Penderita Diabetes untuk Jaga Kalori Anda

Sebenarnya kebutuhan kalori setiap orang akan berbeda, tergantung jenis kelamin, kondisi kesehatan, berat badan, serta tinggi badan. Maka dari itu, Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan Anda. Jumlah kalori penderita diabetes seharusnya per hari adalah sebesar 25 – 30 kalori per kilogram berat badan ideal.

Misalnya, dari perhitungan diketahui Anda memiliki berat badan ideal 50 kg. Maka, Anda memerlukan sekitar 1.250 – 1.500 jumlah kalori sebagai penderita diabetes dalam sehari. Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan nutrisi rata-rata, sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 50 – 60% dari kebutuhan kalori atau minimal 130 gram per hari
  • Protein: 10 – 15% dari kebutuhan kalori
  • Lemak: 20 – 25% dari kebutuhan kalori
  • Serat: 25 gram per hari

Berdasarkan uraian diatas, Anda telah mengetahui jumlah kalori penderita diabetes? Nah ada saatnya untuk mengetahui jenis makanan diabetes berdasarkan jumlah kalorinya ya.

Selama ini, banyak orang yang menganggap pasien diabetes sebagai orang yang haram mengkonsumsi gula. Akhirnya, tidak sedikit pasien diabetes yang benar-benar meninggalkan gula demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Kalori yang dikonsumsi setiap orang itu dapat menimbulkan lemak. Apabila kalori tersebut dikonsumsi terlalu banyak, maka hal tersebut dapat membuat lemak menumpuk.

Ketika lemak menumpuk, maka hal tersebut dapat membuat insulin dalam tubuh manusia itu bekerja dengan lebih banyak. Jika terus dipaksakan bekerja lebih banyak, maka lama-lama insulinnya itu akan rusak, maka jumlah kalori penderita diabetes perlu diperhatikan ya

Penderita diabetes perlu menentukan jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi, dan makanan yang sebaiknya dihindari. Pola makan ini penting untuk dijalani sehari-hari, ataupun ketika hendak bepergian.

Untuk karbohidrat, porsi yang dianjurkan adalah 45-65% dari total kalori, atau minimal 130 gram per hari. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, seperti kentang, sayuran, buah, gandum, jagung, dan kacang-kacangan

Jumlah kalori penderita diabetes perlu dijaga dengan menghindari ini!

Hindari karbohidrat sederhana atau makanan yang mudah meningkatkan gula darah, seperti jus buah, gula pasir, dan permen, serta produk olahan tepung, misalnya kue kering atau kue basah. 

Gula pasir masih boleh dikonsumsi, maksimal 5% dari total kalori (kurang lebih 4 sendok teh) per hari. Pemanis buatan rendah kalori, seperti stevia atau lo han kuo, aman untuk digunakan, selama tidak melebihi batas aman.

Menjaga jumlah kalori penderita diabetes memang sulit, namun apa saja yang dibutuhkan?

Jumlah kalori penderita diabetes dapat dijaga dengan mengikuti berbagai rekomendasi jumlah asupan gizi. Jumlah serat yang dianjurkan adalah 14 gram per 1000 kalori, atau minimal 5 porsi sayur dan buah (1 porsi setara 1 mangkuk kecil). Sedangkan untuk protein, dianjurkan 10-20% dari total kalori. Pilihlah sumber protein yang baik, seperti ikan, telur, ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Porsi asupan lemak yang dianjurkan adalah 20-25% dari total kalori. Pilih bahan makanan yang mengandung lemak baik, misalnya ikan atau lemak dari tumbuhan, serta hindari lemak jenuh yang banyak terdapat pada gorengan dan lemak dari hewan.

Kolesterol tinggi dan hipertensi juga turut andil dalam mempercepat munculnya komplikasi pada penderita diabetes, sehingga asupan kolesterol dan garam juga perlu dikurangi. Untuk mengurangi asupan kolesterol, Anda dapat mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, daging merah, dan jeroan. 

Untuk garam, hanya diperbolehkan maksimal 1 sendok teh garam dapur dalam satu hari, atau setara dengan 2.300 mg natrium per hari. Hindari makanan yang mengandung natrium tersembunyi, seperti vetsin, dan makanan yang diawetkan atau ditambahkan bahan pengawet.

Diabetes merupakan penyakit yang berpotensi menimbulkan banyak komplikasi dan dapat sangat menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Oleh karena itu jagalah jumlah kalori penderita diabetes dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang sehat.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *