This blog is everybody that loves healthy food

5 Sumber Karbohidrat untuk Diabetes Dijamin Sehat dan Aman

5 Sumber Karbohidrat untuk Diabetes Dijamin Sehat dan Aman

Umumnya para penderita diabetes sangat menghindari makanan yang mengandung karbohidrat karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Namun tahukah Anda bahwa terdapat sumber karbohidrat untuk diabetes yang sehat dan aman?

Pola Makan Sehat dengan Karbohidrat untuk Diabetes

Karbohidrat merupakan salah satu senyawa glukosa atau gula yang tentunya dapat memengaruhi kadar gula darah pada penderita diabetes. Namun hal tersebut tidak membenarkan bahwa penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengosumsi karbohidrat.

Pada panduan pola makan sehat bagi penderita diabetes, jenis makanan mengandung karbohidrat sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai sumber energi. Saat tubuh kekurangan energi maka Anda dapat merasa lemas dan mudah lelah.

Hal yang perlu diperhatikan saat Anda hendak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat adalah pastikan porsi dan jenis yang Anda pilih adalah karbohidrat untuk diabetes sehingga aman saat dikonsumsi.

Pilihan Sumber Karbohidrat untuk Diabetes

1. Kacang-kacangan

Kacang merah dan kacang hitam memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan seratnya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Buah-buahan

Para penderita diabetes kebanyakan menghindari konsumsi buah-buahan karena rasanya yang manis dan khawatir akan kandungan gula yang ada di dalamnya. Namun Anda tidak boleh mengabaikan bahwa buah-buahan juga mengandung karbohidrat dan berbagai vitamin.

Faktanya, mengonsumsi buah-buahan segar dapat menurunkan resiko komplikasi pada penderita diabetes.

Kandungan gula dalam buah-buahan merupakan gula alami. Dengan memperhatikan porsi dan waktu konsumsi maka Anda tetap dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

3. Sayur-sayuran

Dalam pengaturan porsi makan untuk para penderita diabetes, porsi sayuran tidak bertepung disarankan mengisi setengah piring Anda. Selain kaya akan serat, sayuran hijau juga kaya akan mineral sehingga sangat baik bagi tubuh.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi sayuran bertepung. Sayuran bertepung seperti ubi, jagung, dan singkong merupakan sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh. Anda dapat mengombinasikan keduanya dengan porsi yang sesuai.

4. Biji-bijian

Makanan yang berasal dari biji-bijian putih seperti nasi atau tepung terigu banyak dihindari oleh para penderita diabetes karena memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Namun Anda dapat menggantinya dengan makanan yang berasal dari biji-bijian utuh lainnya seperti beras merah. Pastikan terdapat label biji-bijian utuh pada produk yang Anda pilih.

Biji-bijian ini bermanfaat untuk memperlambat pencernaan makanan sehingga akan merasa kenyang lebih lama dan memperlambat kenaikan kadar gula darah.

5. Gandum

Salah satu jenis biji-bijian yang sangat disarankan bagi penderita diabetes adalah gandum. Berbagai makanan olahan dari gandum dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat harian tanpa menaikkan kadar gula dalam darah.

Suplemen Makanan Kaya Karbohidrat untuk Diabetes

Selain sumber karbohidrat yang disarankan di atas, Anda juga dapat mengoptimalkan kontrol kadar gula darah dengan mengonsumsi suplemen makanan. mGanik menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan satu produk lengkap dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk diabetes.

mGanik merupakan minuman multigrain yang bermanfaat menstabilkan gula darah tinggi, meningkatkan metabolisme tinggi, serta memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Mengandung 25 jenis biji-bijian dan 6 racikan khusus dari bahan alami menjadikan mGanik aman dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Dapatkan manfaat secara nyata dengan mengonsumsi mGanik yang kaya akan serat dan vitamin menyehatkan!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *