This blog is everybody that loves healthy food

Kenali Berbagai Tipe Penyakit Gula, Penyebab, dan Penanganannya

Kenali Berbagai Tipe Penyakit Gula, Penyebab, dan Penanganannya

Secara umum penyakit gula atau yang lebih dikenal dengan penyakit diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah tubuh tidak normal. Tingginya kadar gula darah dapat mengganggu berbagai sistem lain di dalam tubuh.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa tipe penyakit gula. Untuk lebih jelasnya, artikel mGanik kali ini akan membahas tentang berbagai macam tipe penyakit gula, penyebab, serta penangannya.

Tipe Penyakit Gula 1 (Diabetes Tipe 1)

Penyakit gula tipe 1 merupakan diabetes dengan kondisi tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin secara normal baik terlalu sedikit maupun tidak sama sekali. Masalah utama dari diabetes tipe ini adalah kelainan pada bagian pankreas.

Hormon insulin berfungsi untuk membantu sel-sel dalam tubuh memproses gula darah menjadi energi. Saat jumlah hormon insulin yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi maka gula darah akan menumpuk dan tidak dapat diproses.

  • Penyebab Diabetes Tipe 1

Kondisi yang terjadi pada penyakit gula tipe 1 berkemungkinan besar disebabkan oleh gangguan sistem imun dalam mengenali sel-sel penyusun pankreas. Sistem imun akan menyerang dan merusak sel pankreas secara permanen.

Gaya hidup seperti pola makan, pola tidur, dan kegiatan sehari-hari dianggap kurang berperan besar dalam gangguan sistem imun. Kesalahan genetik atau faktor lingkungan seperti paparan zat berbahaya lebih berpotensi menyebabkan gangguan sistem imun.

  • Penanganan Diabetes Tipe 1

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menangani penyakit gula tipe 1 adalah mengonsumsi insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini biasanya dilakukan melalui suntikan.

Penderita diabetes tipe 1 harus selalu mengecek kadar gula darahnya untuk menentukan banyaknya insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Pemilihan jenis insulin juga perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan tenaga medis.

Tipe Penyakit Gula 2 (Diabetes Tipe 2)

tipe penyakit gula kedua terjadi paling umum
ABC News

Penyakit gula tipe 2 merupakan penyakit diabetes yang paling umum dialami oleh masyarakat. Tipe ini terjadi karena adanya penurunan tingkat keefektifan hormon insulin dalam memproses gula darah. Kondisi ini disebut dengan resistensi insulin.

Hal ini mengakibatkan pankreas harus bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak insulin agar tubuh dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Lama-kelamaan pankreas pun mengalami kelelahan dan menurunkan jumlah produksi insulin sehingga kadar gula darah akan naik.

  • Penyebab Diabetes Tipe 2

Kondisi resistensi insulin umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Namun bisa juga dipengaruhi dari faktor keturunan atau genetik.

Pola hidup tidak sehat meliputi pola makan yang buruk, kualitas tidur yang buruk, stres, serta kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga yang berujung pada kelebihan berat badan atau obesitas.

  • Penanganan Diabetes Tipe 2

Diabetes bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun Anda dapat mengendalikan pola hidup agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah.

Menghindari penyebab-penyebab diabetes yang sudah disebutkan diatas merupakan cara yang paling aman untuk dilakukan. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Diabetes Gestasional (Kehamilan)

Diabetes gestational adalah tipe penyakit gula terjadi saat kehamilan
WebMD

Tipe penyakit gula yang satu ini terjadi pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan dapat mempengaruhi kinerja hormon insulin. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah.

Penanganan yang paling tepat untuk tipe diabetes ini adalah dengan melakukan diet khusus sesuai dengan saran tenaga medis agar kebutuhan nutrisi selama kehamilan tetap terjaga dan kadar gula darah juga terkontrol.

Itulah berbagai tipe diabetes yang wajib Anda kenali untuk membantu proses penanganan yang tepat. Masih banyak lagi informasi terkait diabetes yang dapat Anda pelajari dan bagikan ke sesama pejuang lainnya. Baca artikel lainnya di sini!

Baca Juga

https://blog.mganik.com/diet/mengenal-diet-air-putih-diet-yang-kini-populer-di-lingkungan-masyarakat/
https://blog.mganik.com/featured/ketahui-apa-itu-diabetes-dan-penyebabnya/

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *