This blog is everybody that loves healthy food

5 Tips Ampuh Mencegah Gula Darah Tinggi

5 Tips Ampuh Mencegah Gula Darah Tinggi

Meski diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun bukan berarti tidak ada cara untuk menghindari berbagai risikonya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengatur pola hidup untuk mencegah gula darah tinggi.

Anda tetap dapat menjalani berbagai aktivitas seperti biasa saat kadar gula darah Anda terkontrol. Cara apa saja yang telah Anda lakukan untuk mencegah gula darah tinggi? Apakah Anda telah melakukannya secara rutin?

Jika Anda belum menemukan cara atau pola yang tepat untuk mengatur kadar gula darah, kami memiliki beberapa tips ampuh untuk mencegah gula darah naik secara drastis.

1. Olahraga Rutin untuk Mencegah Gula Darah Tinggi

Berolahraga bisa membantu mencegah gula darah tinggi
Markus Spiske di Unsplash

Tingginya kadar gula dalam darah dapat disebabkan karena hormon insulin tidak dapat mengurai gula darah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh secara sempurna.

Olahraga menjadi solusi terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Tubuh membutuhkan energi lebih saat berolahraga sehingga dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengurai gula darah.

Selain itu, saat berolahraga otot akan menyerap gula dalam darah untuk memenuhi energinya. Menurut penelitian olahraga yang dilakukan sebelum sarapan memberikan dampak lebih efektif daripada yang dilakukan setelah sarapan.

 2. Mengonsumsi Banyak Air

Memenuhi cairan tubuh sangatlah penting untuk menghindari dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi tubuh akan menghasilkan hormon yang memerintahkan ginjal menahan pembuangan gula berlebih dalam urin.

Hormon tersebut juga akan memerintahkan hati untuk menyalurkan gula lebih banyak ke dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah secara drastis.

Pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari dengan meminum putih dan menghindari minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan di dalamnya.

 3. Mengontrol Pola Makan

Porsi makan sangat menentukan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah kalori yang terkontrol dapat memudahkan Anda mempertahankan berat tubuh yang ideal dan dapat membantu hormon insulin bekerja dengan baik.

Porsi makan yang sedikit namun dilakukan sering sekitar 4-5 jam sekali lebih disarankan daripada makan 2 kali sehari dalam porsi besar. Hal ini dapat mengakibatkan gula darah naik secara drastis.

Pola makan tidak hanya memperhatikan porsi namun juga jenis makanannya. Para penderita disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena tubuh akan memprosesnya menjadi gula darah.

 4. Mengurangi Stres dan Menjaga Kualitas Tidur

Stres dan menjaga pola tidur termasuk mencegah gula darah tinggi
Ann Danilina di Unsplash

Kondisi pikiran yang tidak menentu dan berbagai tekanan yang datang dapat menyebabkan Anda stres. Saat mengalami stres tubuh akan mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol yang berfungsi menaikkan kadar gula dalam darah.

Tidur cukup dan berkualitas juga dapat menjaga keseimbangan sistem dalam tubuh. Saat tubuh tidak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas maka ia akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan menurunkan kinerja insulin.

Untuk menghindari menghindari stres dan menjaga pola tidur, Anda dapat melakukan relaksasi atau meditasi untuk menenangkan pikiran. Menurut penelitian metode ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

 5. Memeriksa Kadar Gula Darah Secara Rutin

Mengetahui kadar gula dalam darah dapat mempermudah Anda dalam menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengontrolnya. Kenaikan dan penurunan kadar gula darah secara drastis tentu tidak baik bagi tubuh.

Saat ini pemeriksaan kadar gula darah juga dapat dilakukan di rumah secara mandiri sehingga lebih praktis dan mudah. Anda juga dapat mengetahui reaksi tubuh Anda terhadap beberapa makanan dan metode pengobatan tertentu.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gula darah tinggi. Untuk mendapatkan informasi lain terkait diabetes jangan lewatkan berbagai artikel dalam laman ini. Anda juga dapat membagikannya kepada orang tersayang.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *