This blog is everybody that loves healthy food

Waspada! Ini 5 Minuman Bikin Gula Darah Tinggi

Waspada! Ini 5 Minuman Bikin Gula Darah Tinggi

Makanan dan minuman manis memang merupakan kesukaan sejuta umat dan sangat susah untuk dihindari. Beragam minuman manis yang dikemas dengan berbagai rasa adalah sebuah godaan yang besar untuk para pecinta minuman manis. Namun, apakah minuman ini cukup baik untuk kesehatan? Sebab, nyatanya terdapat beberapa jenis minuman yang bisa bikin gula darah tinggi, lho.

Artikel ini akan menjawab sederet menu minuman yang akan membuat gula darah Anda tinggi yang tentunya akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Inilah 5 minuman yang bikin gula darah tinggi!

Minuman bikin gula darah tinggi pertama adalah sirup

Apakah Anda seorang penggemar sirup? Jika iya, maka Anda sudah harus waspada dengan minuman ini. Pasalnya sirup sendiri menganduk zat bernama fruktosa yang dapat menimbulkan resistensi insulin

Resistensi insulin merupakan sebuah kondisi dimana tubuh mengabaikan sinyal dari hormon insulin, sehingga tubuh tidak memberikan respon yang baik terhadap insulin. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Biasanya saat ini minuman sirup seringkali dikombinasikan dengan berbagai macam bahan makanan seperti agar-agar, rumput laut, gula, potongan buah-buahan dan lain sebagainya sehingga terlihat dan terasa jauh lebih segar dan nikmat. Apalagi minuman ini disajikan saat cuaca terik dan panas.

Tenang saja, Anda boleh menikmati minuman segar ini, namun harus dibatasi ya.

Minuman bikin gula darah tinggi kedua adalah kopi saset

Apakah Anda seorang pecinta kopi? /Jika iya, maka tidak ada masalah dengan risiko diabetes, Anda tidak perlu waspada dengan minuman bernama kopi JIKA tidak dikonsumsi dengan gula.

Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh, seperti menyehatkan jantung, memperkuat ingatan, melawan stres dan masih banyak lagi.

Namun manfaat diatas dapat diraih jika Anda mengkonsumsinya tanpa gula. Adapun kopi saset yang dikonsumsi secara terus menerus dapat meningkatkan gula dalam darah karena mengandung gula dan tubuh juga kesulitan lho mencerna minuman ini.

Meskipun terbilang praktis, namun kopi saset tetap berbahaya bagi kesehatan Anda.

Minuman dengan tambahan gula

Sama halnya dengan kasus kopi saset, berbagai minuman sehat lainnya akan terasa sia-sia apabila dikonsumsi dengan gula, seperti jus buah, teh, susu dan lain sebagainya.

Meskipun tergolong minuman sehat yang memberikan manfaat berlimpah, namun jika diberikan tambahan gula, maka akan mengandung karbohidrat dan akan meningkatkan massa tubuh Anda. Hal ini tentu akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Minuman bikin gula darah tinggi ketiga adalah minuman berenergi

Meskipun terbilang praktis mengkonsumsi minuman berenergi apalagi disuguhkan dengan berbagai macam rasa, tentu saja minuman ini menjadi minuman favorit kaum muda pada umumnya. Namun meskipun demikian, Anda wajib waspada dengan jenis minuman satu ini ya.

Pasalnya bukan hanya gula darah yang meningkat, namun ia juga berpotensi menyebabkan resistensi insulin lho!

Oleh karena itu, segera ganti minuman energi Anda dengan minuman yang sehat ya.

Minuman bikin gula darah tinggi keempat adalah minuman bersoda

Tidak diragukan lagi penggemar minuman bersoda ada dimana-mana. Sensasi soda di dalam mulut menjadi pesona utama minuman ini. Namun, tahukah Anda bahwa minuman ini ada di rangking pertama minuman yang menyebabkan gula darah naik?

Pasalnya tiap kaleng minuman soda mengandung gula sebanyak 15-18  sendok teh lho! Bayangkan saja Anda telah mendapatkan lebih dari 240 kalori hanya dengan minum satu kaleng minuman soda saja.

Bukan hanya jumlah gula yang sangat besar, namun minuman soda juga dapat merusak gigi dan menyebabkan kegemukan.

Setelah membaca artikel diatas, apakah Anda masih mau mengkonsumsi sederet minuman tersebut? Ayo ganti minuman tinggi gula Anda dengan minuman rendah gula untuk hidup yang lebih sehat!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *