This blog is everybody that loves healthy food

7 Mitos Penyakit Diabetes yang Salah, Anda Wajib Tahu!

7 Mitos Penyakit Diabetes yang Salah, Anda Wajib Tahu!

Banyak mitos penyakit diabetes yang beredar di masyarakat. Anda pasti juga sudah pernah mendengar beberapa diantaranya. Namun faktanya, kebanyakan dari mitos tersebut tidaklah benar dan sangat meresahkan.

Kali ini mGanik akan membahas tentang beberapa mitos penyakit diabetes yang salah dan mengungkapkan kebenarannya.

1. Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula

Mitos penyakit diabetes ini adalah yang paling sering beredar. Faktanya para penderita diabetes masih diperbolehkan untuk mengonsumsi gula dengan takaran tertentu disesuaikan dengan kadar gula dalam darah Anda.

Mengontrol pola makan merupakan hal wajib bagi para penderita diabetes. Berdasarkan panduan pengaturan porsi dan jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes terdapat beberapa makanan yang mengandung gula namun porsinya disesuaikan.

2. Diabetes tipe 2 termasuk penyakit ringan

Tidak benar bahwa diabetes dianggap sebagai penyakit ringan. Penyakit diabetes jenis apapun tetap memiliki resikonya masing-masing yang berbahaya. Mitos di atas akan lebih tepat diartikan sebagai diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang dapat dikontrol.

Pengaturan kadar gula darah yang baik akan membantu Anda menghindari berbagai resiko komplikasi yang berbahaya bagi tubuh. Namun saat Anda tidak dapat mengontrolnya maka penyakit ini dapat mengancam keselamatan jiwa Anda.

3. Diabetes tipe 2 hanya menyerang orang gemuk

Meski penyakit ini lebih beresiko menyerang orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat menyerang orang dengan berat badan normal bahkan kekurangan berat badan.

Faktanya berdasarkan hasil penelitian, 20% penderita diabetes tipe 2 adalah orang-orang dengan berat badan normal atau dibawah normal.

4. Penderita diabetes tidak boleh berolahraga

Olahraga untuk penderita diabetes
everydayhealth.com

Mitos penyakit diabetes yang satu ini juga sangat sering kita dengar. Padahal faktanya olahraga menjadi salah satu kegiatan yang sangat disarankan bagi para penderita diabetes. Buktinya banyak olahragawan profesional yang tetap menjadi atlet meski menderita diabetes.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah menentukan jenis olahraga yang tepat bagi Anda. Pastikan Anda melakukan olahraga dengan beban dan rentang waktu yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

5. Penderita diabetes akan buta dan kehilangan kakinya

Beredarnya mitos penyakit diabetes ini sangat meresahkan. Faktanya tidak semua penderita diabetes akan mengalami kebutaan atau kehilangan kakinya akibat amputasi. Resiko tersebut akan Anda hadapi saat tingkat komplikasi diabetes sudah sangat parah.

Terdapat berbagai tips menghindari resiko komplikasi pada penderita diabetes yang dapat Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan. Selama kadar gula Anda terkontrol, berat badan tidak berlebihan, dan meninggalkan kebiasaan merokok, maka resiko komplikasi dapat dihindari.

6. Penderita diabetes tidak dapat bekerja

Tentu saja mitos ini tidak benar. Para penderita diabetes tetap dapat melakukan berbagai aktivitas secara normal termasuk bekerja. Metode pengobatan dan pengontrolan kadar gula darah pada penderita sudah sangat berkembang sehingga hal tersebut tidak menjadi hambatan.

7. Mitos penyakit diabetes dapat menular

Mitos terakhir yang paling sering disebarkan adalah diabetes merupakan penyakit yang menular. Hal ini sama sekali tidak benar. Diabetes termasuk dalam kategori penyakit tidak menular baik dari cairan tubuh, sentuhan, maupun kontak dengan penderita.

Anda perlu mengenali berbagai penyebab munculnya diabetes. Penularan hanya mungkin terjadi dalam konteks genetik misal orang tua kepada anaknya. Namun hal ini merupakan kondisi genetik tertentu yang tidak berhubungan dengan kondisi penyakit pada penderita.

Jangan lewatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar diabetes dalam laman ini untuk menambah wawasan Anda. Bagikan juga berbagai artikel menarik kepada para pejuang diabetes lain untuk meningkatkan semangat sembuh dan selalu mengontrol kadar gula dalam darah.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *