This blog is everybody that loves healthy food

Pentingnya Olahraga Saat Diabetes, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Pentingnya Olahraga Saat Diabetes, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Tahukah Anda bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk penderita diabetes? Ternyata olahraga dapat memperbaiki kepekaan insulin serta pengendalian gula darah lho. Tapi, tunggu dulu saat sebelum mulai berolahraga, penderita diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter ya. 

Jika Anda penderita diabetes tipe 1, maka Anda memiliki resiko lebih besar yang berkaitan dengan olahraga dibandingkan penderita diabetes tipe 2. 

Berikut manfaat olahraga bagi penderita diabetes yang telah dirangkum oleh Mganik!

Olahraga saat diabetes ternyata dapat menambah kebugaran lho

Jika Anda seorang penderita diabetes, maka kebugaran merupakan hal yang sangat penting untuk didapatkan. selain mengkonsumsi makanan sehat rendah gula, kebugaran juga dapat diperoleh dari aktivitas olahraga.

Jika anda berolahraga secara teratur, maka kelenturan otot dan kesegaran jasmani dapat membuat tubuh Anda semakin bugar. Menjaga kelenturan otot  pada penderita diabetes sangat penting untuk meningkatkan daya lentur kolagen otot yang berkurang akibat glikosilasi lho.

Olahraga saat diabetes juga dapat menurunkan berat badan dan memperbaiki kendali glukosa darah. Tidak hanya itu saja, olahraga saat diabetes ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Olahraga ternyata dapat  menjaga mutu kehidupan

Terkadang Anda pasti pernah merasakan sulitnya meraih kesehatan dalam jangka panjang bukan?  

Pernahkah Anda merasakan ketika makanan dan minuman telah Anda terkontrol serta diet gula yang ketat telah dilakukan, namun sering kali Anda masih merasa kurang bukan? 

Ternyata, mengontrol makanan saja tidak cukup. Olahraga saat diabetes tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh Anda, sehingga Anda dapat merasakan tubuh yang sehat untuk waktu yang lama.

Oleh sebab itu, pastikan meskipun Anda kesulitan dalam waktu apapun urusan pekerjaan, olahraga secara rutin harus dilakukan ya.

Olahraga saat diabetes ternyata dapat  menambah kepekaan insulin

Tahukah Anda bahwa olahraga membentuk kepekaan insulin yang dapat mengurangi keadaan hiperinsulinemia (kadar insulin terlalu tinggi)? tentunya, hal ini akan berdampak pada terkendalinya gula darah akan berdampak pada perlambatan dan penundaan komplikasi pada penderita diabetes. 

Lalu, apakah semua penderita diabetes aman dalam melakukan kegiatan olahraga? Ternyata ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda rutin berolahraga lho, contohnya seperti ini :

Pahami jenis diabetes Anda 

Sebelum Anda melakukan olahraga, para penderita diabetes perlu melakukan penilaian uji gradasi pra-olahraga. Anda tidak boleh berolahraga apabila gula darahnya tidak terkendali ( > 250 mg/dl atau < 100 mg/dl). Apabila tetap dipaksakan untuk berolahraga akan terjadi peningkatan sekresi kadar glukagon, 

Jadi,  Anda harus bijak dalam berolahraga ya.

Begini intensitas olahraga saat diabetes

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang baik untuk penderita diabetes. Olahraga aerobik dapat dilakukan sekurangnya 3-5 hari seminggu, selama 20-60 menit pada 55%-90% detak jantung maksimal. 

Untuk mencapai kesegaran kardiovaskuler yang optimal, maka idealnya latihan berada pada VO2 max, berkisar antara 50 – 85 % ternyata tidak memperburuk komplikasi diabetes dan tidak menaikkan tekanan darah sampai 180 mmHg

Cermat dalam memilih program olahraga saat diabetes

Program latihan yang dianjurkan bagi penderita diabetes untuk meningkatkan kesegaran jasmani adalah dengan cara CRIPE (Continous Rhythm micalInterval Progresif), karena program ini dianggap memenuhi kebutuhan tubuh.

CRIPE merupakan kepanjangan dari:

Continuous, yang artinya latihan jasmani terus menerus tidak berhenti dapat menurunkan intensitas, kemudian aktif lagi dan seterusnya intensitas dikurangi lagi. Aktif lagi dan seterusnya, melakukan aktivitas latihan terus-menerus selama 50-60 menit.

Rhytmical, yang artinya latihan harus dilakukan berirama, melakukan latihan otot kontraksi dan relaksasi. Jadi gerakan berirama tersebut diatur dan terus menerus.

Interval, yang artinya latihan dilaksanakan terselang-seling, kadang-kadang cepat, kadang-kadang lambat tetapi berlanjut selama periode latihan.

Progresif, yang artinya latihan harus dilakukan peningkatan secara bertahap dan beban latihan juga ditingkatkan secara perlahan-lahan.

Endurance, yang artinya latihan untuk meningkatkan kebugaran dan ketahanan sistem kardiovaskuler dan kebutuhan tubuh penderita diabetes.

Bagaimana? Masih malas berolahraga?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *