This blog is everybody that loves healthy food

3 Langkah Atur Pola Makan Diabetes yang Penting Diperhatikan

3 Langkah Atur Pola Makan Diabetes yang Penting Diperhatikan

Wajib hukumnya para penderita diabetes untuk selalu mengatur pola makan diabetes dan berolahraga dengan cukup karena kadar gula dalam darah yang selalu terjaga dapat membuat kualitas hidup Anda meningkat.

Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah upaya-upaya dalam pengontrolan kadar gula darah yang selama ini Anda lakukan sudah benar? Berikut merupakan 3 hal penting yang wajib Anda diperhatikan saat mengatur pola makan diabetes.

Jenis Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan yang Perlu Dihindari

Hal penting pertama yang wajib Anda perhatikan saat mengatur pola makan adalah jenis makanan yang akan Anda makan. Berbagai kandungan yang terdapat dalam makanan dapat mempengaruhi naiknya kadar gula darah jika tidak dikontrol.

Apakah Anda sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dan baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan jenis makanan mana yang perlu dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi?

  • Boleh Dikonsumsi pada Pola Makan Diabetes
  1. Sayuran tidak berkarbohidrat seperti brokoli, wortel, dan tomat
  2. Buah-buahan seperti melon, apel, dan pepaya
  3. Biji-bijian seperti gandum, oatmeal, dan mGanik
  4. Protein seperti ikan, daging tanpa lemak, dan telur
  5. Produk susu rendah lemak seperti susu kedelai
  • Perlu Dihindari saat Menerapkan Pola Makan Diabetes
  1. Makanan yang diolah dengan minyak jenuh
  2. Makanan dengan kadar garam tinggi
  3. Makanan manis seperti permen dan es krim
  4. Minuman dengan pemanis buatan seperti soda, minuman berenergi, dan jus.

Pemilihan Waktu Makan yang Tepat

Selain jenis makanan, Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk makan. Hal ini berkaitan dengan optimalisasi kinerja hormon insulin dalam memproses kandungan gula pada makanan Anda.

Para penderita diabetes disarankan mengonsumsi makanan pada waktu yang sama setiap harinya. Mengatur waktu makan secara rutin dapat memudahkan tubuh dalam beradaptasi dan memaksimalkan kinerja hormon insulin.

Kondisi ini tentu dapat berubah sesuai dengan keadaan penderita diabetes. Penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan atau insulin memiliki waktu makan yang lebih fleksibel karena kinerja hormon insulin mendapat bantuan dari luar.

Jumlah Porsi yang Sesuai dengan Pola Makan Diabetes

Jenis dan ciri diabetes
dailymotion

Banyaknya jumlah makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah. Mengonsumsi makanan yang berlebihan dapat mengakibatkan kadar gula darah naik secara drastis begitu pun sebaliknya.

Pengaturan porsi pada pola makan diabetes akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan tenaga medis karena kebutuhan nutrisi masing-masing orang berbeda. Berikut adalah beberapa teknik yang umum digunakan untuk menentukan porsi makan.

  • Metode Piring

Metode piring sangat praktis diterapkan karena Anda tidak perlu menghitung kandungan gula pada masing-masing makanan. Anda hanya perlu membagi porsi sesuai jenis makanan dan bagian piring yang ditentukan.

  1. Gunakan piring dengan diameter kurang lebih 23 cm
  2. Setengah bagian piring berisi sayuran yang tidak mengandung karbohidrat
  3. Seperempat bagian lain berisi protein
  4. Seperempat terakhir berisi makanan yang mengandung karbohidrat

Anda juga masih bisa menambahkan potongan buah dalam mangkuk kecil dan segelas susu tanpa lemak untuk melengkapi menu makanan Anda. Metode ini efektif digunakan pada saat makan siang dan makan malam.

  • Perhitungan Karbohidrat

Perhitungan kandungan karbohidrat dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari sangat penting karena karbohidrat akan diproses oleh tubuh menjadi gula darah. Tentu porsi karbohidrat yang dikonsumsi mempengaruhi kadar gula dalam darah.

  1. Pelajari jenis makanan apa saja yang mengandung karbohidrat
  2. Cari tahu jumlah kandungan karbohidrat (dalam gram) pada masing-masing makanan yang Anda makan
  3. Jumlahkan semuanya untuk mendapatkan total karbohidrat yang Anda konsumsi

Namun Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengatur pola makan diabetes. mGanik hadir sebagai solusi terbaik untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Minuman multigrain ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari bagi para penderita diabetes.

Selain berasal dari bahan alami yang menjamin keamanannya, mGanik juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Praktis, sehat, dan mengenyangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *