This blog is everybody that loves healthy food

Tips Hindari Resiko Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tips Hindari Resiko Olahraga untuk Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes olahraga tentu menjadi hal yang sangat disarankan untuk upaya mengontrol kadar gula dalam darah. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko olahraga untuk penderita diabetes.

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja olahraga yang disarankan bagi para penderita diabetes? Beberapa olahraga tersebut memiliki resiko yang lebih sedikit dibanding dengan olahraga yang lain. Lalu apa saja resiko olahraga untuk penderita diabetes?

Berbagai resiko olahraga untuk penderita diabetes

Ternyata tidak semua olahraga cocok bagi para penderita diabetes. Hal ini berkaitan dengan tingkat diabetes yang dialami dan seberapa jauh ia mempengaruhi kemampuan tubuh untuk beraktivitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah beberapa resiko yang dapat terjadi pada penderita diabetes ketika melakukan olahraga yang kurang tepat.

Masalah keseimbangan

resiko olahraga untuk penderita diabetes
Excercise Right

Para penderita diabetes sangat tidak disarankan melakukan olahraga yang berfokus pada keseimbangan. Gangguan sistem saraf yang mengendalikan keseimbangan dapat terjadi akibat kadar gula dalam darah yang tinggi.

Mengingat hal tersebut maka penderita diabetes lebih beresiko untuk terjatuh ketika melakukan olahraga yang membutuhkan keseimbangan seperti skateboard, sepatu roda, dan taekwondo.

Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan penyakit komplikasi dari diabetes yaitu ketika kadar gula dalam darah sangat rendah. Kondisi ini dapat mengakibatkan otot dan sel-sel pada otak kekurangan energi sehingga tidak dapat bekerja secara normal.

Olahraga berlebihan pada penderita diabetes dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya hipoglikemia. Maka dari itu perencanaan dan pengontrolan kadar gula dalam darah sangat diperlukan sebelum melakukan olahraga.

Ketoasidosis Diabetik

Penyakit ini merupakan komplikasi lain dari diabetes yang ditandai dengan tingginya kadar keton dalam tubuh. Keton merupakan asam yang dihasilkan ketika tubuh tidak membakar karbohidrat atau glukosa melainkan membakar lemak untuk mendapatkan energi.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin untuk mengubah karbohidrat atau glukosa menjadi energi maka ia akan menggunakan lemak sebagai gantinya. Sehingga gula dalam darah tetap menumpuk dan kadar keton meningkat sehingga kondisi tubuh menjadi asam.

Persiapan demi menghindari resiko olahraga untuk penderita diabetes

Namun jangan khawatir, Anda yang menderita diabetes tetap bisa melakukan olahraga sebagai salah satu upaya hidup sehat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Sebelum melakukan olahraga terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan guna mengurangi berbagai resiko yang mungkin terjadi saat olahraga pada para penderita diabetes.

Sebelum memulai olahraga

resiko olahraga untuk penderita diabetes
Best Health Magazine
  1. Konsultasikan dengan tenaga medis olahraga apa yang sesuai untuk Anda. Jika diperlukan lakukan tes untuk mengetahui apakah olahraga tersebut aman bagi Anda
  2. Pilihlah olahraga yang disukai agar lebih bersemangat
  3. Rencanakan olahraga dalam waktu dan durasi yang hampir sama setiap harinya sehingga dapat menjadi rutinitas
  4. Lakukan olahraga bersama orang lain juga dapat membantu Anda jika terdapat hal yang tidak diinginkan terjadi

Saat memulai olahraga

  1. Mulai olahraga dengan pemanasan atau gerakan ringan dan tidak terlalu memaksa
  2. Perhatikan kadar keton pada tubuh. Jangan melakukan olahraga jika terindikasi keton dalam tubuh
  3. Lakukan pengecekan kadar gula dalam darah. Jangan melakukan olahraga berlebih saat kadar gula darah rendah

Saat melakukan olahraga

  1. Gunakan sepatu yang nyaman dan anti slip untuk menghindari hilangnya keseimbangan hingga terjatuh
  2. Konsumsi banyak air sebelum, ketika, dan sesudah melakukan olahraga
  3. Gunakan pendeteksi kadar gula darah saat melakukan olahraga seperti smartwatch

Masih banyak informasi terkait diabetes yang dapat Anda pelajari dan bagikan dengan para pejuang lainnya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain yang berisi berbagai tips dan solusi dalam menghadapi penyakit diabetes. Semangat berjuang bersama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *